No
|
Kompe-
tensi
Utama
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
||
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
Kompetensi Guru Mata
Pelajaran (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
||
a
|
b
|
C
|
D
|
E
|
1
|
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik
peserta didik dari aspek
fisik, moral, spiritual,
sosial, kultural,
emosional, dan
intelektual
|
1.1 Memahami karakteristik
peserta didik yang berkaitan
dengan aspek fisik, intelektual,
sosial-emosional, moral,
spiritual, dan latar belakang
sosial- budaya
|
Mengidentifikasi
karakteristik perkembangan
sosial-emosional peserta
didik.
|
2
|
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik
peserta didik dari aspek
fisik, moral, spiritual,
sosial, kultural,
emosional, dan
intelektual
|
1.2 Mengidentifikasi potensi
peserta didik dalam mata
pelajaran yang diampu
|
Menemukenali potensi
peserta didik dalam
pembelajaran Bahasa
Indonesia
|
3
|
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik
peserta didik dari aspek
fisik, moral, spiritual,
sosial, kultural,
emosional, dan
intelektual
|
1.3 Mengidentifikasi bekal-ajar
awal peserta didik dalam mata
pelajaran yang diampu
|
Menemukenali skema
kognitif
awal peserta didik
dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia
|
4
|
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik
peserta didik dari aspek
fisik, moral, spiritual,
sosial, kultural,
emosional, dan
intelektual
|
1.4 Mengidentifikasi kesulitan
belajar peserta didik dalam
mata pelajaran yang diampu
|
Menganalisis kesulitan
belajar yang dialami
oleh
peserta
didik berdasarkan
gaya belajar
|
5
|
Pedagogik
|
2. Menguasai teori
belajar dan prinsip-
prinsip pembelajaran
yang mendidik
|
2.1 Memahami berbagai teori
belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik
terkait dengan mata pelajaran
yang diampu
|
Menganalisis berbagai
pendekatan,
metode, dan
teknik
pembelajaran yang
mendidik dalam
pembelajaran Bahasa
Indonesia
|
6
|
Pedagogik
|
2. Menguasai teori
belajar dan prinsip-
prinsip pembelajaran
yang mendidik
|
2.2 Menerapkan berbagai
pendekatan, strategi, metode,
dan teknik pembelajaran yang
mendidik secara kreatif dalam
mata pelajaran yang diampu.
|
Menerapkan berbagai
pendekatan, strategi,
metode, dan teknik
pembelajaran yag mendidik
dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia
|
7
|
Pedagogik
|
3.Mengembangkan
kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran
yang diampu
|
3.1 Memahami prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum.
|
Mengidentifikasi prinsip-
prinsip pengembangan
kurikulum
|
8
|
Pedagogik
|
3.Mengembangkan
kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran
yang diampu
|
3.2 Menentukan tujuan
pembelajaran yang diampu
|
Merumuskan tujuan
pembelajaran Bahasa
Indonesia
|
9
|
Pedagogik
|
3.Mengembangkan
|
3.3 Menentukan pengalaman
|
Mengidentifikasi
|
No
|
Kompe-
tensi
Utama
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
||
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
Kompetensi Guru Mata
Pelajaran (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
||
a
|
b
|
C
|
D
|
E
|
kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran
yang diampu
|
belajar yang sesuai untuk
mencapai tujuan pembelajaran
yang diampu
|
pengalaman belajar peserta
didik dengan materi
yang
yang sesuai untuk mencapai
tujuan pembelajaran
Bahasa Indonesia
|
||
9
|
Pedagogik
|
3.Mengembangkan
kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran
yang diampu
|
3.3 Menentukan pengalaman
belajar yang sesuai untuk
mencapai tujuan pembelajaran
yang diampu
|
Mengidentifikasi
pengalaman belajar peserta
didik dengan materi
yang
yang sesuai untuk mencapai
tujuan pembelajaran
Bahasa Indonesia
|
9
|
Pedagogik
|
3.Mengembangkan
kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran
yang diampu
|
3.3 Menentukan pengalaman
belajar yang sesuai untuk
mencapai tujuan pembelajaran
yang diampu
|
Mengidentifikasi
pengalaman belajar peserta
didik dengan materi
yang
yang sesuai untuk mencapai
tujuan pembelajaran
Bahasa Indonesia
|
10
|
Pedagogik
|
3.Mengembangkan
kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran
yang diampu
|
3.4 Memilih
materi
pembelajaran yang diampu
yang terkait dengan
pengalaman belajar dan tujuan
pembelajaran
|
Menerapkan materi
pembelajaran Bahasa
Indonesia yang terkait
dengan pengalaman belajar
dan tujuan pembelajaran
|
11
|
Pedagogik
|
3.Mengembangkan
kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran
yang diampu
|
3.5 Menata materi
pembelajaran secara benar
sesuai dengan pendekatan
yang dipilih dan karakteristik
peserta didik
|
Mengorganisasi materi
pembelajaran Bahasa
Indonesia
sesuai dengan
pendekatan yang dipilih dan
karakteristik peserta didik
|
12
|
Pedagogik
|
3.Mengembangkan
kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran
yang diampu
|
3.6 Mengembangkan indikator
dan instrumen penilaian.
|
Merumuskan
indikator dan
instrumen penilaian
|
13
|
Pedagogik
|
4.Menyelenggarakan
pembelajaran yang
mendidik
|
4.1 Memahami prinsip-prinsip
perancangan pembelajaran
yang mendidik
|
Menjelaskan Memahami
prinsip-prinsip
perancangan
pembelajaran bahasa
Indonesia yang mendidik
|
14
|
Pedagogik
|
4.Menyelenggarakan
pembelajaran yang
mendidik
|
4.2 Mengembangkan
komponen-komponen
rancangan pembelajaran
|
Mengembangkan
komponen-komponen
rancangan pembelajaran
|
15
|
Pedagogik
|
4.Menyelenggarakan
pembelajaran yang
mendidik
|
4.3 Menyusun rancangan
pembelajaran yang lengkap,
baik untuk kegiatan di dalam
kelas, laboratorium, maupun
lapangan
|
Menyusun rancangan
pembelajaran Bahasa
Indonesia
yang lengkap,
baik untuk kegiatan di dalam
kelas dan di luar kelas
|
16
|
Pedagogik
|
4.Menyelenggarakan
pembelajaran yang
mendidik
|
4.4 Melaksanakan
pembelajaran yang mendidik di
kelas, di laboratorium, dan di
lapangan dengan
memperhatikan standar
keamanan yang
dipersyaratkan
|
Menerapkan
pembelajaran
Bahasa Indonesia di dalam
kelas dan di luar kelas
|
17
|
Pedagogik
|
4.Menyelenggarakan
|
4.5 Menggunakan media
|
Memanfaatkan media
|
No
|
Kompe-
tensi
Utama
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
||
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
Kompetensi Guru Mata
Pelajaran (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
||
a
|
b
|
C
|
D
|
E
|
pembelajaran yang
mendidik
|
pembelajaran dan sumber
belajar yang relevan dengan
karakteristik peserta didik dan
mata pelajaran yang diampu
untuk mencapai tujuan
pembelajaran secara utuh
|
pembelajaran
dan sumber
belajar yang relevan dengan
karakteristik peserta didik
dan mata pelajaran Bahasa
Indonesia
untuk mencapai
tujuan pembelajaran secara
utuh
|
||
18
|
Pedagogik
|
4.Menyelenggarakan
pembelajaran yang
mendidik
|
4.6 Mengambil keputusan
transaksional dalam
pembelajaran yang diampu
sesuai dengan situasi yang
berkembang
|
Mengelola situasi dan
kondisi yang berkembang di
dalam kelas
|
19
|
Pedagogik
|
5. Memanfaatkan
teknologi informasi dan
komunikasi untuk
kepentingan
pembelajaran
|
5.1 Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi
dalam pembelajaran yang
diampu
|
Memanfaatkan
TIK dalam
pembelajaran Bahasa
Indonesia
|
20
|
Pedagogik
|
6. Memfasilitasi
pengembangan potensi
peserta didik untuk
mengaktualisasikan
berbagai potensi yang
dimiliki
|
6.1 Menyediakan berbagai
kegiatan pembelajaran untuk
mendorong peserta didik
mencapai prestasi secara
optimal.
|
Menerapkan berbagai
kegiatan pembelajaran
Bahasa
Indonesia untuk
mendorong
peserta didik
mencapai
prestasi secara
optimal
|
21
|
Pedagogik
|
6. Memfasilitasi
pengembangan potensi
peserta didik untuk
mengaktualisasikan
berbagai potensi yang
dimiliki
|
6.2 Menyediakan berbagai
kegiatan pembelajaran untuk
mengaktualisasikan potensi
peserta didik, termasuk
kreativitasnya
|
Menerapkan berbagai
kegiatan pembelajaran
untuk
mengaktualisasikan
potensi peserta didik
|
22
|
Pedagogik
|
7. Berkomunikasi secara
efektif, empatik, dan
santun dengan peserta
didik
|
7.1 Memahami berbagai
strategi berkomunikasi yang
efektif, empatik, dan santun,
secara lisan, tulisan, dan/atau
bentuk lain
|
Menerapkan berbagai
strategi berkomunikasi yang
efektif, empatik, dan santun,
secara lisan, tulisan,
dan/atau bentuk lain
|
23
|
Pedagogik
|
7. Berkomunikasi secara
efektif, empatik, dan
santun dengan peserta
didik
|
7.2 Berkomunikasi secara
efektif, empatik, dan santun
dengan peserta didik dengan
bahasa yang khas dalam
interaksi kegiatan/permainan
yang mendidik yang terbangun
secara siklikal dari (a)
penyiapan kondisi psikologis
peserta didik untuk ambil
bagian dalam permainan
melalui bujukan dan contoh,
(b) ajakan kepada peserta
didik untuk ambil bagian, (c)
respons peserta didik terhadap
ajakan guru, dan (d) reaksi
guru terhadap respons peserta
didik, dan seterusnya
|
Menerapkan komunikasi
secara efektif, empatik, dan
santun dengan peserta didik
dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia
|
No
|
Kompe-
tensi
Utama
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
||
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
Kompetensi Guru Mata
Pelajaran (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
||
a
|
b
|
C
|
D
|
E
|
24
|
Pedagogik
|
8.Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar
|
8.1 Memahami prinsip-prinsip
penilaian dan evaluasi proses
dan hasil belajar sesuai
dengan karakteristik mata
pelajaran yang diampu.
|
Menjelaskan
prinsip-prinsip
penilaian dan evaluasi
proses dan hasil
belajar
sesuai dengan karakteristik
mata
pelajaran Bahasa
Indonesia
|
25
|
Pedagogik
|
8.Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar
|
8.2 Menentukan aspek-aspek
proses dan hasil belajar yang
penting untuk dinilai dan
dievaluasi sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran
yang diampu
|
Menganalisis
aspek-aspek
proses dan hasil
belajar
yang penting untuk
dinilai
dan
dievaluasi sesuai
dengan
karakteristik mata
pelajaran Bahasa Indonesia
|
26
|
Pedagogik
|
8.Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar
|
8.3 Menentukan prosedur
penilaian dan evaluasi proses
dan hasil belajar
|
Menerapkan prosedur
penilaian dan evaluasi
proses dan hasil
belajar
Bahasa Indonesia
|
27
|
Pedagogik
|
8.Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar
|
8.4 Mengembangkan
instrumen penilaian dan
evaluasi proses dan hasil
belajar
|
Mengembangkan instrumen
penilaian dan evaluasi
proses dan hasil
belajar
Bahasa Indonesia
|
28
|
Pedagogik
|
8.Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar
|
8.5 Mengadministrasikan
penilaian proses dan hasil
belajar secara
berkesinambungan dengan
mengunakan berbagai
instrumen
|
Membuat laporan/rapor
hasil
penilaian proses dan
hasil belajar Bahasa
Indonesia secara
berkesinambungan
dengan
mengunakan berbagai
instrumen
|
29
|
Pedagogik
|
8.Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar
|
8.6 Menganalisis hasil
penilaian proses dan hasil
belajar untuk berbagai tujuan
|
Menganalisis hasil penilaian
proses dan hasil
belajar
Bahasa
Indonesia untuk
berbagai tujuan
|
30
|
Pedagogik
|
8.Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar
|
8.7 Melakukan evaluasi proses
dan hasil belajar
|
Mengevaluasi
proses dan
hasil belajar Bahasa
Indonesia
|
31
|
Pedagogik
|
9. Memanfaatkan hasil
penilaian dan evaluasi
untuk kepentingan
pembelajaran
|
9.1
Menggunakan informasi
hasil
penilaian dan evaluasi
untuk menentukan ketuntasan
belajar
|
Menerapkan
data hasil
belajar peserta didik untuk
menentukan
KKM Bahasa
Indonesia
|
32
|
Pedagogik
|
9. Memanfaatkan hasil
penilaian dan evaluasi
untuk kepentingan
pembelajaran
|
9.2 Menggunakan informasi
hasil penilaian dan evaluasi
untuk merancang program
remedial dan pengayaan
|
Memanfaatkan data hasil
belajar peserta didik untuk
merancang program
remedial dan pengayaan
|
33
|
Pedagogik
|
9. Memanfaatkan hasil
penilaian dan evaluasi
untuk kepentingan
pembelajaran
|
9.3 Mengomunikasikan hasil
penilaian dan evaluasi kepada
pemangku kepentingan
|
Menyampaikan hasil
penilaian dan evaluasi
kepada
orang tua/wali
peserta didik
|
34
|
Pedagogik
|
9. Memanfaatkan hasil
penilaian dan evaluasi
untuk kepentingan
pembelajaran
|
9.4 Memanfaatkan informasi
hasil penilaian dan evaluasi
pembelajaran untuk
meningkatkan kualitas
pembelajaran
|
Memanfaatkan informasi
hasil penilaian dan evaluasi
pembelajaran untuk
meningkatkan kualitas
pembelajaran Bahasa
|
No
|
Kompe-
tensi
Utama
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
||
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
Kompetensi Guru Mata
Pelajaran (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
||
a
|
b
|
C
|
D
|
E
|
Indonesia
|
||||
35
|
Pedagogik
|
10. Melakukan tindakan
reflektif untuk
peningkatan kualitas
pembelajaran
|
10.1 Melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan
|
Melakukan refleksi terhadap
pembelajaran Bahasa
Indonesia yang telah
dilaksanakan
|
36
|
Pedagogik
|
10. Melakukan tindakan
reflektif untuk
peningkatan kualitas
pembelajaran
|
10.2 Memanfaatkan hasil
refleksi untuk perbaikan dan
pengembangan pembelajaran
dalam mata pelajaran yang
diampu
|
Memanfaatkan hasil refleksi
untuk perbaikan dan
pengembangan
pembelajaran Bahasa
Indonesia
|
37
|
Pedagogik
|
10. Melakukan tindakan
reflektif untuk
peningkatan kualitas
pembelajaran
|
10.3 Melakukan penelitian
tindakan kelas untuk
meningkatkan kualitas
pembelajaran dalam mata
pelajaran yang diampu
|
Menerapkan
PTK untuk
meningkatkan kualitas
dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia
|
1
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang
mendukung mata
pelajaran yang diampu.
|
Memahami konsep, teori, dan
materi berbagai aliran
linguistik yang terkait
dengan pengembangan
materi pembelajaran
bahasa.
|
Mengidentifikasi teori
linguistik strutural yang
terkait dengan
pengembangan materi
kelas kata bahasa
Indonesia dengan tepat.
|
2
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang
mendukung mata
pelajaran yang diampu.
|
Memahami konsep, teori, dan
materi berbagai aliran linguistik
yang terkait dengan
pengembangan materi
pembelajaran bahasa.
|
Mengidentifikasi teori
linguistik deskriptif
yang
terkait dengan
pengembangan materi
kelas kata bahasa
Indonesia dengan
tepat.
|
3
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang
mendukung mata
pelajaran yang diampu.
|
Memahami konsep, teori, dan
materi berbagai aliran linguistik
yang terkait dengan
pengembangan materi
pembelajaran bahasa.
|
Mengidentifikasi materi
pembelajaran fonologi
bahasa Indonesia
berdasarkan aliran
struktural dengan tepat.
|
4
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang
mendukung mata
pelajaran yang diampu.
|
Memahami konsep, teori, dan
materi berbagai aliran linguistik
yang terkait dengan
pengembangan materi
pembelajaran bahasa.
|
Mengidentifikasi materi
pembelajaran sintaksis
bahasa Indonesia
berdasarkan aliran
fungsional dengan tepat.
|
5
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang
mendukung mata
|
Memahami konsep, teori, dan
materi berbagai aliran linguistik
yang terkait dengan
pengembangan materi
|
Mengidentifikasi materi
pembelajaran sintaksis
bahasa Indonesia
berdasarkan aliran
|
No
|
Kompe-
tensi
Utama
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
||
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
Kompetensi Guru Mata
Pelajaran (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
||
a
|
b
|
C
|
D
|
E
|
pelajaran yang diampu.
|
pembelajaran bahasa.
|
struktural dengan tepat.
|
||
6
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang
mendukung mata
pelajaran yang diampu.
|
Memahami konsep, teori, dan
materi berbagai aliran linguistik
yang terkait dengan
pengembangan materi
pembelajaran bahasa.
|
Mengidentifikasi materi
pembelajaran morfologi
bahasa Indonesia
berdasarkan aliran
struktural dengan tepat.
|
7
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang
mendukung mata
pelajaran yang diampu.
|
Memahami konsep, teori, dan
materi berbagai aliran linguistik
yang terkait dengan
pengembangan materi
pembelajaran bahasa.
|
Mengidentifikasi materi
pembelajaran morfologi
bahasa Indonesia
berdasarkan aliran
fungsional dengan tepat.
|
8
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang
mendukung mata
pelajaran yang diampu.
|
Memahami konsep, teori, dan
materi berbagai aliran linguistik
yang terkait dengan
pengembangan materi
pembelajaran bahasa.
|
Mengidentifikasi materi
pembelajaran morfologi
bahasa Indonesia
berdasarkan aliran deskriptif
dengan tepat.
|
9
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang
mendukung mata
pelajaran yang diampu.
|
Memahami konsep, teori, dan
materi berbagai aliran linguistik
yang terkait dengan
pengembangan materi
pembelajaran bahasa.
|
Mengidentifikasi materi
pembelajaran morfologi
bahasa Indonesia
berdasarkan aliran deskriptif
dengan tepat.
|
10
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang
mendukung mata
pelajaran yang diampu.
|
Memahami konsep, teori, dan
materi berbagai aliran linguistik
yang terkait dengan
pengembangan materi
pembelajaran bahasa.
|
Mengidentifikasi materi
pembelajaran fonologi
bahasa Indonesia
berdasarkan aliran deskriptif
dengan tepat.
|
11
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang
mendukung mata
pelajaran yang diampu.
|
Memahami konsep, teori, dan
materi berbagai aliran linguistik
yang terkait dengan
pengembangan materi
pembelajaran bahasa.
|
Mengidentifikasi materi
pembelajaran kelas kata
bahasa Indonesia
berdasarkan aliran
fungsional dengan tepat.
|
12
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan
|
Memahami hakikat bahasa
dan pemerolehan bahasa.
|
Mengidentifikasi
konsep
hakikat bahasa.
|
Untuk Download Selengkapnya silakan klik link berikut ini
0 Komentar