| 
No | 
Kompe- 
tensi 
Utama | 
Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
| 
Kompetensi Inti Guru (KI) | 
Kompetensi Guru Mata 
Pelajaran (KD) | 
Indikator Pencapaian 
Kompetensi (IPK) | ||
| 
a | 
b | 
C | 
D | 
E | 
| 
1 | 
Pedagogik | 
Menguasai karakteristik 
peserta didik dari aspek 
fisik, moral, spiritual, 
sosial, kultural, 
emosional, dan 
intelektual | 
1.1 Memahami karakteristik 
peserta didik yang berkaitan 
dengan aspek fisik, intelektual, 
sosial-emosional, moral, 
spiritual, dan latar belakang 
sosial- budaya | 
Mengidentifikasi 
karakteristik perkembangan 
sosial-emosional peserta 
didik. | 
| 
2 | 
Pedagogik | 
Menguasai karakteristik 
peserta didik dari aspek 
fisik, moral, spiritual, 
sosial, kultural, 
emosional, dan 
intelektual | 
1.2 Mengidentifikasi potensi 
peserta didik dalam mata 
pelajaran yang diampu | 
Menemukenali            potensi 
peserta         didik         dalam 
pembelajaran             Bahasa 
Indonesia | 
| 
3 | 
Pedagogik | 
Menguasai karakteristik 
peserta didik dari aspek 
fisik, moral, spiritual, 
sosial, kultural, 
emosional, dan 
intelektual | 
1.3 Mengidentifikasi bekal-ajar 
awal peserta didik dalam mata 
pelajaran yang diampu | 
Menemukenali             skema 
kognitif 
  awal  peserta  didik 
dalam               pembelajaran 
Bahasa Indonesia | 
| 
4 | 
Pedagogik | 
Menguasai karakteristik 
peserta didik dari aspek 
fisik, moral, spiritual, 
sosial, kultural, 
emosional, dan 
intelektual | 
1.4 Mengidentifikasi kesulitan 
belajar peserta didik dalam 
mata pelajaran yang diampu | 
Menganalisis            kesulitan 
belajar  yang  dialami 
  oleh 
peserta 
  didik  berdasarkan 
gaya belajar | 
| 
5 | 
Pedagogik | 
2. Menguasai teori 
belajar dan prinsip- 
prinsip pembelajaran 
yang mendidik | 
2.1 Memahami berbagai teori 
belajar dan prinsip-prinsip 
pembelajaran yang mendidik 
terkait dengan mata pelajaran 
yang diampu | 
Menganalisis            berbagai 
pendekatan,  
  metode,   dan 
teknik  
  pembelajaran   yang 
mendidik                       dalam 
pembelajaran             Bahasa 
Indonesia | 
| 
6 | 
Pedagogik | 
2. Menguasai teori 
belajar dan prinsip- 
prinsip pembelajaran 
yang mendidik | 
2.2 Menerapkan berbagai 
pendekatan, strategi, metode, 
dan teknik pembelajaran yang 
mendidik secara kreatif dalam 
mata pelajaran yang diampu. | 
Menerapkan             berbagai 
pendekatan,              strategi, 
metode,         dan         teknik 
pembelajaran yag mendidik 
dalam               pembelajaran 
Bahasa Indonesia | 
| 
7 | 
Pedagogik | 
3.Mengembangkan 
kurikulum yang terkait 
dengan mata pelajaran 
yang diampu | 
3.1 Memahami prinsip-prinsip 
pengembangan kurikulum. | 
Mengidentifikasi         prinsip- 
prinsip           pengembangan 
kurikulum | 
| 
8 | 
Pedagogik | 
3.Mengembangkan 
kurikulum yang terkait 
dengan mata pelajaran 
yang diampu | 
3.2 Menentukan tujuan 
pembelajaran yang diampu | 
Merumuskan                tujuan 
pembelajaran             Bahasa 
Indonesia | 
| 
9 | 
Pedagogik | 
3.Mengembangkan | 
3.3 Menentukan pengalaman | 
Mengidentifikasi | 
| 
No | 
Kompe- 
tensi 
Utama | 
Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
| 
Kompetensi Inti Guru (KI) | 
Kompetensi Guru Mata 
Pelajaran (KD) | 
Indikator Pencapaian 
Kompetensi (IPK) | ||
| 
a | 
b | 
C | 
D | 
E | 
| 
kurikulum yang terkait 
dengan mata pelajaran 
yang diampu | 
belajar yang sesuai untuk 
mencapai tujuan pembelajaran 
yang diampu | 
pengalaman belajar peserta 
didik  dengan  materi 
  yang 
yang sesuai untuk mencapai 
tujuan               pembelajaran 
Bahasa Indonesia | ||
| 
9 | 
Pedagogik | 
3.Mengembangkan 
kurikulum yang terkait 
dengan mata pelajaran 
yang diampu | 
3.3 Menentukan pengalaman 
belajar yang sesuai untuk 
mencapai tujuan pembelajaran 
yang diampu | 
Mengidentifikasi 
pengalaman belajar peserta 
didik  dengan  materi 
  yang 
yang sesuai untuk mencapai 
tujuan               pembelajaran 
Bahasa Indonesia | 
| 
9 | 
Pedagogik | 
3.Mengembangkan 
kurikulum yang terkait 
dengan mata pelajaran 
yang diampu | 
3.3 Menentukan pengalaman 
belajar yang sesuai untuk 
mencapai tujuan pembelajaran 
yang diampu | 
Mengidentifikasi 
pengalaman belajar peserta 
didik  dengan  materi 
  yang 
yang sesuai untuk mencapai 
tujuan               pembelajaran 
Bahasa Indonesia | 
| 
10 | 
Pedagogik | 
3.Mengembangkan 
kurikulum yang terkait 
dengan mata pelajaran 
yang diampu | 
3.4  Memilih
  materi 
pembelajaran yang diampu 
yang terkait dengan 
pengalaman belajar dan tujuan 
pembelajaran | 
Menerapkan                 materi 
pembelajaran             Bahasa 
Indonesia       yang    terkait 
dengan pengalaman belajar 
dan tujuan pembelajaran | 
| 
11 | 
Pedagogik | 
3.Mengembangkan 
kurikulum yang terkait 
dengan mata pelajaran 
yang diampu | 
3.5 Menata materi 
pembelajaran secara benar 
sesuai dengan pendekatan 
yang dipilih dan karakteristik 
peserta didik | 
Mengorganisasi            materi 
pembelajaran             Bahasa 
Indonesia  
  sesuai      dengan 
pendekatan yang dipilih dan 
karakteristik peserta didik | 
| 
12 | 
Pedagogik | 
3.Mengembangkan 
kurikulum yang terkait 
dengan mata pelajaran 
yang diampu | 
3.6 Mengembangkan indikator 
dan instrumen penilaian. | 
Merumuskan 
  indikator  dan 
instrumen penilaian | 
| 
13 | 
Pedagogik | 
4.Menyelenggarakan 
pembelajaran yang 
mendidik | 
4.1 Memahami prinsip-prinsip 
perancangan pembelajaran 
yang mendidik | 
Menjelaskan         Memahami 
prinsip-prinsip 
  perancangan 
pembelajaran              bahasa 
Indonesia yang mendidik | 
| 
14 | 
Pedagogik | 
4.Menyelenggarakan 
pembelajaran yang 
mendidik | 
4.2 Mengembangkan 
komponen-komponen 
rancangan pembelajaran | 
Mengembangkan 
komponen-komponen 
rancangan pembelajaran | 
| 
15 | 
Pedagogik | 
4.Menyelenggarakan 
pembelajaran yang 
mendidik | 
4.3 Menyusun rancangan 
pembelajaran yang lengkap, 
baik untuk kegiatan di dalam 
kelas, laboratorium, maupun 
lapangan | 
Menyusun             rancangan 
pembelajaran             Bahasa 
Indonesia  
  yang   lengkap, 
baik untuk kegiatan di dalam 
kelas dan di luar kelas | 
| 
16 | 
Pedagogik | 
4.Menyelenggarakan 
pembelajaran yang 
mendidik | 
4.4 Melaksanakan 
pembelajaran yang mendidik di 
kelas, di laboratorium, dan di 
lapangan dengan 
memperhatikan standar 
keamanan yang 
dipersyaratkan | 
Menerapkan  
  pembelajaran 
Bahasa Indonesia di dalam 
kelas dan di luar kelas | 
| 
17 | 
Pedagogik | 
4.Menyelenggarakan | 
4.5 Menggunakan media | 
Memanfaatkan              media | 
| 
No | 
Kompe- 
tensi 
Utama | 
Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
| 
Kompetensi Inti Guru (KI) | 
Kompetensi Guru Mata 
Pelajaran (KD) | 
Indikator Pencapaian 
Kompetensi (IPK) | ||
| 
a | 
b | 
C | 
D | 
E | 
| 
pembelajaran yang 
mendidik | 
pembelajaran dan sumber 
belajar yang relevan dengan 
karakteristik peserta didik dan 
mata pelajaran yang diampu 
untuk mencapai tujuan 
pembelajaran secara utuh | 
pembelajaran 
  dan  sumber 
belajar yang relevan dengan 
karakteristik   peserta   didik 
dan mata pelajaran Bahasa 
Indonesia 
  untuk  mencapai 
tujuan pembelajaran secara 
utuh | ||
| 
18 | 
Pedagogik | 
4.Menyelenggarakan 
pembelajaran yang 
mendidik | 
4.6 Mengambil keputusan 
transaksional dalam 
pembelajaran yang diampu 
sesuai dengan situasi yang 
berkembang | 
Mengelola       situasi       dan 
kondisi yang berkembang di 
dalam kelas | 
| 
19 | 
Pedagogik | 
5. Memanfaatkan 
teknologi informasi dan 
komunikasi untuk 
kepentingan 
pembelajaran | 
5.1 Memanfaatkan teknologi 
informasi dan komunikasi 
dalam pembelajaran yang 
diampu | 
Memanfaatkan  
  TIK   dalam 
pembelajaran             Bahasa 
Indonesia | 
| 
20 | 
Pedagogik | 
6. Memfasilitasi 
pengembangan potensi 
peserta didik untuk 
mengaktualisasikan 
berbagai potensi yang 
dimiliki | 
6.1 Menyediakan berbagai 
kegiatan pembelajaran untuk 
mendorong peserta didik 
mencapai prestasi secara 
optimal. | 
Menerapkan             berbagai 
kegiatan           pembelajaran 
Bahasa  
  Indonesia   untuk 
mendorong  
  peserta   didik 
mencapai  
  prestasi   secara 
optimal | 
| 
21 | 
Pedagogik | 
6. Memfasilitasi 
pengembangan potensi 
peserta didik untuk 
mengaktualisasikan 
berbagai potensi yang 
dimiliki | 
6.2 Menyediakan berbagai 
kegiatan pembelajaran untuk 
mengaktualisasikan potensi 
peserta didik, termasuk 
kreativitasnya | 
Menerapkan             berbagai 
kegiatan           pembelajaran 
untuk   
  mengaktualisasikan 
potensi peserta didik | 
| 
22 | 
Pedagogik | 
7. Berkomunikasi secara 
efektif, empatik, dan 
santun dengan peserta 
didik | 
7.1 Memahami berbagai 
strategi berkomunikasi yang 
efektif, empatik, dan santun, 
secara lisan, tulisan, dan/atau 
bentuk lain | 
Menerapkan             berbagai 
strategi berkomunikasi yang 
efektif, empatik, dan santun, 
secara         lisan,        tulisan, 
dan/atau bentuk lain | 
| 
23 | 
Pedagogik | 
7. Berkomunikasi secara 
efektif, empatik, dan 
santun dengan peserta 
didik | 
7.2 Berkomunikasi secara 
efektif, empatik, dan santun 
dengan peserta didik dengan 
bahasa yang khas dalam 
interaksi kegiatan/permainan 
yang mendidik yang terbangun 
secara siklikal dari (a) 
penyiapan kondisi psikologis 
peserta didik untuk ambil 
bagian dalam permainan 
melalui bujukan dan contoh, 
(b) ajakan kepada peserta 
didik untuk ambil bagian, (c) 
respons peserta didik terhadap 
ajakan guru, dan (d) reaksi 
guru terhadap respons peserta 
didik, dan seterusnya | 
Menerapkan komunikasi 
secara efektif, empatik, dan 
santun dengan peserta didik 
dalam pembelajaran 
Bahasa Indonesia | 
| 
No | 
Kompe- 
tensi 
Utama | 
Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
| 
Kompetensi Inti Guru (KI) | 
Kompetensi Guru Mata 
Pelajaran (KD) | 
Indikator Pencapaian 
Kompetensi (IPK) | ||
| 
a | 
b | 
C | 
D | 
E | 
| 
24 | 
Pedagogik | 
8.Menyelenggarakan 
penilaian dan evaluasi 
proses dan hasil belajar | 
8.1 Memahami prinsip-prinsip 
penilaian dan evaluasi proses 
dan hasil belajar sesuai 
dengan karakteristik mata 
pelajaran yang diampu. | 
Menjelaskan 
  prinsip-prinsip 
penilaian       dan    evaluasi 
proses   dan   hasil  
  belajar 
sesuai dengan karakteristik 
mata   
  pelajaran    Bahasa 
Indonesia | 
| 
25 | 
Pedagogik | 
8.Menyelenggarakan 
penilaian dan evaluasi 
proses dan hasil belajar | 
8.2 Menentukan aspek-aspek 
proses dan hasil belajar yang 
penting untuk dinilai dan 
dievaluasi sesuai dengan 
karakteristik mata pelajaran 
yang diampu | 
Menganalisis  
  aspek-aspek 
proses   dan   hasil  
  belajar 
yang  penting  untuk 
  dinilai 
dan    
  dievaluasi          sesuai 
dengan  
  karakteristik   mata 
pelajaran Bahasa Indonesia | 
| 
26 | 
Pedagogik | 
8.Menyelenggarakan 
penilaian dan evaluasi 
proses dan hasil belajar | 
8.3 Menentukan prosedur 
penilaian dan evaluasi proses 
dan hasil belajar | 
Menerapkan             prosedur 
penilaian       dan    evaluasi 
proses   dan   hasil  
  belajar 
Bahasa Indonesia | 
| 
27 | 
Pedagogik | 
8.Menyelenggarakan 
penilaian dan evaluasi 
proses dan hasil belajar | 
8.4 Mengembangkan 
instrumen penilaian dan 
evaluasi proses dan hasil 
belajar | 
Mengembangkan instrumen 
penilaian       dan    evaluasi 
proses   dan   hasil  
  belajar 
Bahasa Indonesia | 
| 
28 | 
Pedagogik | 
8.Menyelenggarakan 
penilaian dan evaluasi 
proses dan hasil belajar | 
8.5 Mengadministrasikan 
penilaian proses dan hasil 
belajar secara 
berkesinambungan dengan 
mengunakan berbagai 
instrumen | 
Membuat          laporan/rapor 
hasil 
  penilaian  proses  dan 
hasil      belajar           Bahasa 
Indonesia                    secara 
berkesinambungan 
  dengan 
mengunakan            berbagai 
instrumen | 
| 
29 | 
Pedagogik | 
8.Menyelenggarakan 
penilaian dan evaluasi 
proses dan hasil belajar | 
8.6 Menganalisis hasil 
penilaian proses dan hasil 
belajar untuk berbagai tujuan | 
Menganalisis hasil penilaian 
proses   dan   hasil  
  belajar 
Bahasa  
  Indonesia   untuk 
berbagai tujuan | 
| 
30 | 
Pedagogik | 
8.Menyelenggarakan 
penilaian dan evaluasi 
proses dan hasil belajar | 
8.7 Melakukan evaluasi proses 
dan hasil belajar | 
Mengevaluasi  
  proses   dan 
hasil        belajar         Bahasa 
Indonesia | 
| 
31 | 
Pedagogik | 
9. Memanfaatkan hasil 
penilaian dan evaluasi 
untuk kepentingan 
pembelajaran | 
9.1  
  Menggunakan   informasi 
hasil 
  penilaian  dan  evaluasi 
untuk menentukan ketuntasan 
belajar | 
Menerapkan   
  data    hasil 
belajar peserta didik untuk 
menentukan 
  KKM  Bahasa 
Indonesia | 
| 
32 | 
Pedagogik | 
9. Memanfaatkan hasil 
penilaian dan evaluasi 
untuk kepentingan 
pembelajaran | 
9.2 Menggunakan informasi 
hasil penilaian dan evaluasi 
untuk merancang program 
remedial dan pengayaan | 
Memanfaatkan   data   hasil 
belajar peserta didik untuk 
merancang                program 
remedial dan pengayaan | 
| 
33 | 
Pedagogik | 
9. Memanfaatkan hasil 
penilaian dan evaluasi 
untuk kepentingan 
pembelajaran | 
9.3 Mengomunikasikan hasil 
penilaian dan evaluasi kepada 
pemangku kepentingan | 
Menyampaikan                hasil 
penilaian       dan    evaluasi 
kepada   
  orang    tua/wali 
peserta didik | 
| 
34 | 
Pedagogik | 
9. Memanfaatkan hasil 
penilaian dan evaluasi 
untuk kepentingan 
pembelajaran | 
9.4 Memanfaatkan informasi 
hasil penilaian dan evaluasi 
pembelajaran untuk 
meningkatkan kualitas 
pembelajaran | 
Memanfaatkan         informasi 
hasil penilaian dan evaluasi 
pembelajaran                 untuk 
meningkatkan             kualitas 
pembelajaran             Bahasa | 
| 
No | 
Kompe- 
tensi 
Utama | 
Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
| 
Kompetensi Inti Guru (KI) | 
Kompetensi Guru Mata 
Pelajaran (KD) | 
Indikator Pencapaian 
Kompetensi (IPK) | ||
| 
a | 
b | 
C | 
D | 
E | 
| 
Indonesia | ||||
| 
35 | 
Pedagogik | 
10. Melakukan tindakan 
reflektif untuk 
peningkatan kualitas 
pembelajaran | 
10.1 Melakukan refleksi 
terhadap pembelajaran yang 
telah dilaksanakan | 
Melakukan refleksi terhadap 
pembelajaran             Bahasa 
Indonesia        yang        telah 
dilaksanakan | 
| 
36 | 
Pedagogik | 
10. Melakukan tindakan 
reflektif untuk 
peningkatan kualitas 
pembelajaran | 
10.2 Memanfaatkan hasil 
refleksi untuk perbaikan dan 
pengembangan pembelajaran 
dalam mata pelajaran yang 
diampu | 
Memanfaatkan hasil refleksi 
untuk        perbaikan         dan 
pengembangan 
pembelajaran             Bahasa 
Indonesia | 
| 
37 | 
Pedagogik | 
10. Melakukan tindakan 
reflektif untuk 
peningkatan kualitas 
pembelajaran | 
10.3 Melakukan penelitian 
tindakan kelas untuk 
meningkatkan kualitas 
pembelajaran dalam mata 
pelajaran yang diampu | 
Menerapkan   
  PTK    untuk 
meningkatkan             kualitas 
dalam               pembelajaran 
Bahasa Indonesia | 
| 
1 | 
Profesional | 
Menguasai materi, 
struktur, konsep, dan 
pola pikir keilmuan yang 
mendukung mata 
pelajaran yang diampu. | 
Memahami konsep, teori, dan 
materi berbagai aliran 
linguistik yang terkait 
dengan pengembangan 
materi pembelajaran 
bahasa. | 
Mengidentifikasi teori 
linguistik strutural yang 
terkait dengan 
pengembangan materi 
kelas kata bahasa 
Indonesia dengan tepat. | 
| 
2 | 
Profesional | 
Menguasai materi, 
struktur, konsep, dan 
pola pikir keilmuan yang 
mendukung mata 
pelajaran yang diampu. | 
Memahami konsep, teori, dan 
materi berbagai aliran linguistik 
yang terkait dengan 
pengembangan materi 
pembelajaran bahasa. | 
Mengidentifikasi teori 
linguistik deskriptif 
  yang 
terkait dengan 
pengembangan materi 
kelas kata bahasa 
Indonesia  dengan
  tepat. | 
| 
3 | 
Profesional | 
Menguasai materi, 
struktur, konsep, dan 
pola pikir keilmuan yang 
mendukung mata 
pelajaran yang diampu. | 
Memahami konsep, teori, dan 
materi berbagai aliran linguistik 
yang terkait dengan 
pengembangan materi 
pembelajaran bahasa. | 
Mengidentifikasi materi 
pembelajaran fonologi 
bahasa Indonesia 
berdasarkan aliran 
struktural dengan tepat. | 
| 
4 | 
Profesional | 
Menguasai materi, 
struktur, konsep, dan 
pola pikir keilmuan yang 
mendukung mata 
pelajaran yang diampu. | 
Memahami konsep, teori, dan 
materi berbagai aliran linguistik 
yang terkait dengan 
pengembangan materi 
pembelajaran bahasa. | 
Mengidentifikasi          materi 
pembelajaran           sintaksis 
bahasa                   Indonesia 
berdasarkan                  aliran 
fungsional dengan tepat. | 
| 
5 | 
Profesional | 
Menguasai materi, 
struktur, konsep, dan 
pola pikir keilmuan yang 
mendukung mata | 
Memahami konsep, teori, dan 
materi berbagai aliran linguistik 
yang terkait dengan 
pengembangan materi | 
Mengidentifikasi          materi 
pembelajaran           sintaksis 
bahasa                   Indonesia 
berdasarkan                  aliran | 
| 
No | 
Kompe- 
tensi 
Utama | 
Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
| 
Kompetensi Inti Guru (KI) | 
Kompetensi Guru Mata 
Pelajaran (KD) | 
Indikator Pencapaian 
Kompetensi (IPK) | ||
| 
a | 
b | 
C | 
D | 
E | 
| 
pelajaran yang diampu. | 
pembelajaran bahasa. | 
struktural dengan tepat. | ||
| 
6 | 
Profesional | 
Menguasai materi, 
struktur, konsep, dan 
pola pikir keilmuan yang 
mendukung mata 
pelajaran yang diampu. | 
Memahami konsep, teori, dan 
materi berbagai aliran linguistik 
yang terkait dengan 
pengembangan materi 
pembelajaran bahasa. | 
Mengidentifikasi materi 
pembelajaran morfologi 
bahasa Indonesia 
berdasarkan aliran 
struktural dengan tepat. | 
| 
7 | 
Profesional | 
Menguasai materi, 
struktur, konsep, dan 
pola pikir keilmuan yang 
mendukung mata 
pelajaran yang diampu. | 
Memahami konsep, teori, dan 
materi berbagai aliran linguistik 
yang terkait dengan 
pengembangan materi 
pembelajaran bahasa. | 
Mengidentifikasi materi 
pembelajaran morfologi 
bahasa Indonesia 
berdasarkan aliran 
fungsional dengan tepat. | 
| 
8 | 
Profesional | 
Menguasai materi, 
struktur, konsep, dan 
pola pikir keilmuan yang 
mendukung mata 
pelajaran yang diampu. | 
Memahami konsep, teori, dan 
materi berbagai aliran linguistik 
yang terkait dengan 
pengembangan materi 
pembelajaran bahasa. | 
Mengidentifikasi materi 
pembelajaran morfologi 
bahasa Indonesia 
berdasarkan aliran deskriptif 
dengan tepat. | 
| 
9 | 
Profesional | 
Menguasai materi, 
struktur, konsep, dan 
pola pikir keilmuan yang 
mendukung mata 
pelajaran yang diampu. | 
Memahami konsep, teori, dan 
materi berbagai aliran linguistik 
yang terkait dengan 
pengembangan materi 
pembelajaran bahasa. | 
Mengidentifikasi materi 
pembelajaran morfologi 
bahasa Indonesia 
berdasarkan aliran deskriptif 
dengan tepat. | 
| 
10 | 
Profesional | 
Menguasai materi, 
struktur, konsep, dan 
pola pikir keilmuan yang 
mendukung mata 
pelajaran yang diampu. | 
Memahami konsep, teori, dan 
materi berbagai aliran linguistik 
yang terkait dengan 
pengembangan materi 
pembelajaran bahasa. | 
Mengidentifikasi materi 
pembelajaran fonologi 
bahasa Indonesia 
berdasarkan aliran deskriptif 
dengan tepat. | 
| 
11 | 
Profesional | 
Menguasai materi, 
struktur, konsep, dan 
pola pikir keilmuan yang 
mendukung mata 
pelajaran yang diampu. | 
Memahami konsep, teori, dan 
materi berbagai aliran linguistik 
yang terkait dengan 
pengembangan materi 
pembelajaran bahasa. | 
Mengidentifikasi materi 
pembelajaran kelas kata 
bahasa Indonesia 
berdasarkan aliran 
fungsional dengan tepat. | 
| 
12 | 
Profesional | 
Menguasai materi, 
struktur, konsep, dan | 
Memahami hakikat bahasa 
dan pemerolehan bahasa. | 
Mengidentifikasi   
  konsep 
hakikat bahasa. | 
Untuk Download Selengkapnya silakan klik link berikut ini


 
 
 
 
 
 
 
 
 
0 Komentar